Tuesday 11 June 2013

Pemuda Muslim di Balkan Bergabung dengan Mujahidin Syria



NOVI PAZAR, SERBIA (KabarDuniaIslam) – Bumi Syam tidak habisnya menarik seluruh mujahid di penjuru dunia, situs RFE/RL (Radio Free Europe/Radio Liberty) melaporkan bahwa ada sejumlah muslim dari semenanjung balkan yang turut bergabung dengan mujahidin di syria.

Berikut adalah kutipan laporan dari situs RFE/RL

Eldar Kundakovic (Rahimahullah) ketika berjuang untuk membebaskan pejuang Syria dari penjara pada bulan lalu. ia gugur (syahid insyaaAllah) akibat ledakan sebuah granat tangan. Tidak seperti kebanyakan militan berjuang melawan rezim Presiden Syria Bashar al-Assad, ia tidak dari Syria atau negara Arab di dekatnya. Kundakovic datang dari Novi Pazar dalam terutama wilayah Muslim Bosnia Serbia dari Sandzak. menurut laporan RFE/RL

Ayah Kundakovic mengatakan kepada RFE / RL bahwa akhirnya ia berbicara dengan anaknya melalui telepon ketika dia menyeberang ke Syria dari Turki pada akhir Mac. Esad Kundakovic mengatakan anaknya telah bergabung dengan unit pemberontak bersama sekitar 30 pejuang dari Sandzak.

RFE/RL telah menerima konfirmasi bahwa perjalanan dari Balkan ke Timur Tengah telah dilakukan oleh Muslim dari Serbia, Montenegro, Bosnia-Herzegovina, Makedonia, Kosovo, dan Albania.

Dalam kebanyakan kes, fahaman Salafi (jihadi) telah memotivasi pemuda Balkan untuk berjihad di Syria – seperti ideologi gerakan “fundamentalis” Islam yang mencakup Al-Qaeda.

Pemimpin Salafi di Balkan menyangkal telah merekrut atau mengangkut muslim Balkan ke Syria. Mereka mengatakan orang-orang yang bergabung dengan “pemberontak” Syria melakukannya atas inisiatif individu.

Tapi Resad Plojovic, wakil pemimpin Mufti Sandzak, mengatakan kepada RFE/RL ia berpendapat bahwa “beberapa organisasi dan individu” telah merekrut Muslim Balkan.

“Ada pusat atau individu yang mungkin memiliki hubungan dengan organisasi-organisasi tertentu, dan mereka memotivasi orang,” katanya. “Mereka juga mungkin tahu cara untuk mengangkut mereka ke medan perang. Mari kita jujur, bahwa banyak di sini bahkan tidak tahu di mana Syria tetapi Mereka tidak bisa tahu bagaimana caranya pergi ke sana dan terlibat dalam semua yang terjadi di sana.”

sumber : rfe/rl/dbs

(KabarDuniaIslam/al-mustaqbal.org)

No comments:

Post a Comment